APA ITU BITCOIN?

Menurut blog.bitcoin.co.id "Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital." Saat ini Bitcoin sudah dapat digunakan untuk membeli barang/jasa pada beberapa toko online sebagaimana uang biasa. Lambang mata uang bitcoin ini adalah ฿.

Bitcoin Rate

Ini Langkah Dapat Bitcoin Dengan Cara Lain

Search inside

Juni 10, 2009

Menebak Asal Muasal Kata (Part 1)

CMIIW, ya... Kali ini saya akan mencoba menggerayangi kata "Ngode". Kata ini lazim dipakai di wilayah Dialek Ngapak misal Kebumen atau Purwokerto. Kebetulan keluarga istri berasal dari wilayah ini. Sering kali saya dengar masyarakat di sana bilang "Ngode" yang berarti "(Sedang) Bekerja". Jadi misalnya mereka berkata "Aku lagi ngode" itu berarti "Saya sedang bekerja".

Sementara itu dalam bahasa Inggeris bekerja dapat disebutkan dengan kata "On Duty" yang maksudnya "Sedang bertugas" atau "Sedang bekerja". Sedangkan "On Duty" dapat disingkat menjadi OD.

Sementara itu pula dalam Bahasa Jawa untuk membuat kata kerja dari kata dasar huruf vokal - a, i, u, e, o, perlu ditambahkan awalan "Ng". Misalnya "Omong" menjadi "Ngomong", "Angguk" menjadi "Ngangguk". Jika "OD" dilafalkan dengan Bahasa Jawa akan menjadi "Ngode". Yang artinya "Sedang On Duty" atau "Sedang bekerja". Sehingga saat ini saya berhipotesis bahwa "Ngode" berasal dari kata Bahasa Inggeris "On Duty" yang disingkat "OD".

Mengingat masyarakat di Wilayah Ngapak sudah turun-temurun menggunakan kata "Ngode", maka hipotesis saya yang kedua adalah bahwa serapan kata "OD" dari Bahasa Inggeris ini muncul sejak jaman penjajahan Inggeris di Indonesia sekian ratus tahun yang lalu.

Kemudian, saya juga akan menggerayangi kata "Kongko-kongko" yang kurang lebih artinya "ngobrol bareng teman-teman", atau "bertemu teman-teman", atau "berkumpul dengan teman-teman". Apa yang dapat saya gerayangi adalah sebagai berikut. Pertama, istilah "kongko-kongko" ini muncul dalam masa moderen sekarang ini. Tidak muncul pada jaman dulu (CMIIW) sebagaimana "ngode" tadi. Kedua, bahwa di Bahasa Jawa "teman" disebut "konco" dan "teman-teman" disebut "konco-konco". Ketiga, sekarang mari kita perhatikan bahwa tulisan "Bank" dilafalkan sebagai "Bang". Keempat, dalam lingkungan Islam ada Ilmu Tajwid (Ilmu cara membaca Al Quran). Di dalam Ilmu Tajwid ditentukan bahwa nun mati (sepadan dengan n dalam huruf latin) jika bertemu huruf tertentu maka menghasilkan bunyi dengung. Misal "Minkum" akan dibaca sebagai "Mingkum" - khususnya dalam lidah Jawa. Dalam Bahasa Inggeris huruf K dan C terkadang dilafalkan K misalnya "Mic" dibaca sebagai "Mik". Oleh karena itu hipotesis asal kata "Kongko-kongko" menurut saya adalah berasal dari kata "Konco-konco" dimana huruf C dibaca sebagai K, dan N mati bertemu K dilafalkan sengau menjadi NG sehingga jadilah "Kongko-kongko".

OK, sekian dulu...

Tidak ada komentar:

Archive