APA ITU BITCOIN?

Menurut blog.bitcoin.co.id "Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital." Saat ini Bitcoin sudah dapat digunakan untuk membeli barang/jasa pada beberapa toko online sebagaimana uang biasa. Lambang mata uang bitcoin ini adalah ฿.

Bitcoin Rate

Ini Langkah Dapat Bitcoin Dengan Cara Lain

Search inside

September 08, 2009

Ilmuwan Amatir

Pernah suatu saat saya mambaca artikel tentang perubahan iklim di bumi. Yang menarik adalah digunakannya data dari para "periset" amatir. Mereka digambarkan sebagai orang-orang yang suka mencatat data-data tentang flora dan fauna yang ada di sekitar rumah mereka dalam suatu buku catatan atau diary dalam kurun waktu yang cukup lama (dari sejak kecil sampai tua).

Salah satunya pernah mencatat tentang tanggal berbunganya suatu jenis tanaman tertentu yang darinya dapat diketahui bahwa ternyata es di kutub itu mencair lebih cepat dari sebelumnya.

Apapun itu, saya rasa kebiasaan mencatat atau mendokumentasikan data tentang flora dan fauna di sekitar kita akan berguna untuk anak cucu. Apalagi mengingat flora, fauna, dan iklim di planet kita ini sedang mengalami degradasi.

Baiklah saya mulai...

Saya akan mencatat tentang pohon rambutan. akhir agustus/awal september 2009 sebagian besar tanaman rambutan sudah mulai berbunga. Biasanya itu pertanda dimulainya musim hujan. Padahal menurut suatu surat kabar, musim kemarau tahun 2009 diprediksi akan panjang bahkan sampai januari atau april 2010.
Beberapa hari ini memang sempat turun hujan.
Sabtu minggu sebelum Ramadhan 1430 H, cuaca sempat panas banget,.. sampai semut-semut keluar dari tanah, itu pertanda panas, dan akan turun hujan menurut sebagian orang.

Durian juga sebagian mulai berbunga dan "penthil", memang biasanya musim rambutan dan durian hampir berbarengan.

Mudah-mudahan berguna dan menjadi awal yang baik. Tantangan selanjutnya adalah kontinuitas mencatat data.
OK, sekian dulu...

Tidak ada komentar:

Archive