APA ITU BITCOIN?

Menurut blog.bitcoin.co.id "Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital." Saat ini Bitcoin sudah dapat digunakan untuk membeli barang/jasa pada beberapa toko online sebagaimana uang biasa. Lambang mata uang bitcoin ini adalah ฿.

Bitcoin Rate

Ini Langkah Dapat Bitcoin Dengan Cara Lain

Search inside

Desember 23, 2008

Public Transportation Art

Public Transportation Art adalah suatu istilah yang saya usulkan untuk menggambarkan keindahan di dunia angkutan umum atau jalanan. Kebetulan saya penikmat angkutan umum.

Ketika saya naik kendaraan umum sebagai penumpang, tentu saja saya mempunyai banyak waktu untuk melihat sekeliling dibandingkan dengan sopir atau kenek yang harus berkonsentrasi dalam mengemudi.

Banyak hal yang saya lihat di jalanan yang kalo diresapi adalah suatu keindahan. Suatu seni yang simple tapi tetap indah. Ada teman punya motto yang bagus dalam gtalk message-nya. Complicated is beautiful, simple is useful. But, the Public Transport Art is beatiful in its simplicity.

Nomor kendaraan adalah salah satu yang menurut saya adalah berseni. Kadang-kadang saya temui nomor-nomor cantik dan kata orang ini dijualbelikan dengan harga yang tidak murah. Misalnya, B 1 NA (bina), B 10 LA (Biola), D 4 NI (dani) atau yang rada jorok BH 151 TT. Please, find more other unique number. Mungkin akan ada banyak nomor cantik karena di Jakarta huruf belakang angka sudah mencapai 3 (tiga) karakter.

Lukisan dan/atau tulisan di bus atau bak truk - biasanya yang kayu- (paling banyak) adalah satu hal yang juga indah. Meskipun rasanya nilai seninya adalah "ndesani" karena mungkin dilukis atau ditulis oleh orang-orang yang tidak sekolah seni. Tapi itulah orisinalitasnya. Saya suka senyum sendiri dan kagum karena karakter Public Transport Art yang ini adalah sederhana, singkat dan menggambarkan artinya to the poin. Misalnya pernah saya lihat bagian belakang truk bergambar duri ikan dengan tulisan cappe deeeehhh.... Atau penutup becekan (karet atau plastik untuk penahan cipratan air/lumpur) bergambar gadis cantik seksi hanya pake BH (di roda belakang sebelah kiri) dan gambar seorang kakek menghadap gambar gadis tadi tua renta pake kaos oblong sedang berusaha mencopot celananya (di roda belakang truk sebelah kanan). Juga tulisan "PAH" di penutup becekan kiri dan tulisan "POH" di penutup becekan kanan. Juga tulisan-tulisan di body bak (kayu) truk seperti "Nang Ojo Ndodro", "Kutunggu Jandamu", "Jarang Pulang", "Doa Ibu", dan "Gajah Oling". Gajah Oling ini katanya adalah suatu perkumpulan gitu. But semua art itu adalah bagaikan iklan yang ces pleng.

Kalo di minibus biasanya art itu ada di kaca. Misalnya "Antar Nota Dalam Kota", "Ojo Lali" atau tulisan-tulisan dalam bahasa batak yang saya kurang paham artinya.

Sayang sekali sampai tulisan ini saya buat belum satupun yang saya abadikan dalam foto. Will you...?

Itulah menurut saya yang disebut Public Transportation Art.

Belum lagi suasana sosial di dalam angkutan itu sendiri. Pernahkah Anda memperhatikan apa yang ada di dalam angkutan umum di Indonesia? kalo di luar negeri angkutan umum ya angkutan umum. Kalo di Indonesia dalam angkutan umum selain sopir, kenek dan penumpang ada juga asongan, pengamen jalanan, pengemis, tukang sulap, pencopet, orang naik gak bayar. Bahkan di jalan tol atau jalan raya yang sedang macet kita di Indonesia ini bisa membeli apa yang kita pengin seperti air, susu kedele, minuman berenergi, cemilan, rokok, permen, mainan buat anak, dan lain-lain. Itulah asiknya di Indonesia. Service/jasa ada di manapun.

OK, sekian dulu.

4 komentar:

denny eken mengatakan...

Dilaporkan 30 Januari 2009 sebuah mobil box mengangkut batako putih dan pada bagian belakang bertuliskan "BOBO NENEN".

denny eken mengatakan...

Kemarin pagi saya melihattruck dengan tulisan "Cintamu tak seberat muatanku" pada penutup becekannya

denny eken mengatakan...

Truk dengan bak bertuliskan "Rono Rene Renes"
Satu lagi truk dengan bak bertuliskan "Tabah mencari janda" "Jaga jarak coy..."

denny eken mengatakan...

Lagi.. sebuah truk dengan tulisan G Tune Pool dan Sebuah Bus Penumpang 3/4 bertuliskan RUANG BISNIS di kacanya...

Archive