APA ITU BITCOIN?

Menurut blog.bitcoin.co.id "Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital." Saat ini Bitcoin sudah dapat digunakan untuk membeli barang/jasa pada beberapa toko online sebagaimana uang biasa. Lambang mata uang bitcoin ini adalah ฿.

Bitcoin Rate

Ini Langkah Dapat Bitcoin Dengan Cara Lain

Search inside

Agustus 23, 2011

Nakajikake

Nakajikake adalah lilitan pelindung senar sepanjang 8 cm pada bagian tengah dari suru (senar). Jika diukur tepat dari titik tengah senar, bagian atas 3 cm dan bagian bawah 5 cm. Lilitan ini dibuat sendiri oleh kyudoka karena secara default tidak ada lilitan semacam ini pada suru baru (baru dibeli). Fungsi nakajikake pada dasarnya ada dua. Pertama untuk melindungi senar dari gesekan dengan guratan jempol pada yugage ketika ditarik. Kedua untuk meletakkan bagian belakang ya (anak panah).

Lilitan terbuat dari bahan yang sejenis dengan suru tetapi helaiannya lebih lebar dan lebih raw (kasar) dan lebih pendek (sekitar satu kilan atau rentang jari atau 15-20 cm). Harganya sekitar 400 yen. Untuk melilitkan nakajikake ini diperlukan lem kayu (sejenis fox), gunting, serta doho (dua bilah balok kayu kecil segi empat untuk mengeratkan dan mengencangkan lilitan).

Pembuatan nakajikake dilakukan di dalam dojo. Cara membuatnya adalah sebagai berikut. Pertama suru dipasang pada yumi seperti biasa. Kemudian cari tempat di rak yumi yang kosong (tidak berlabel nama) dan tidak mengganggu orang yang sedang berlatih. Kemudian sandarkan yumi pada rak dengan bagian motohazu (ujung bawah ditahan dengan kedua lutut). Untuk ini posisi kyudoka adalah duduk jongkok bersandar pada lutut. Lalu lepaskan nakajikake lama menggunakan gunting secara perlahan jangan sampai menggores helai suru. Setelah itu bila perlu gosok-gosok suru dengan kain kecil (namanya lupa) sampai serat-serat yang serabutan menjadi rapi. Kemudian pilin-pilin nakajikake baru (yang masih pipih) sehingga menjadi benang. Kemudian potong ujungnya agar rapi (seperti poni rambut). Lalu balutkan lem pada suru dimulai dari 3 cm bagian atas. Kemudian lilitkan nakajikake pada suru searah jarum jam (kebalikan dari rotasi bumi) dimulai dari bagian atas (3 cm) mulai dari bawah kanan, lalu ke arah dada kita, lalu ke atas kiri, lalu keluar dada kita, lalu mendatar kembali ke kanan, lalu kearah dada kita kebawah, lalu terus berputar ke bawah. Jadi keseluruhan, simpul awal adalah sepert lambang pita pada new brand atau dasi di leher jika dilihat dari depan. Kemudian pilin-pilin (mampatkan) lilitan tersebut menggunakan doho dengan cara memukul-mukul dan sekaligus memilin dengan ketentuan pilinan searah jarum jam saat diujung simpul atas, dan kebalikan jarum jam saat memilin ke bawah. Pemilinan menggunakan doho ini dilakukan sampai lem benar melekat dan sampai nakajikake menyatu dengan suru.

Kemudian lilitan kedua dilakukan dengan cara yang sama sampai 8 cm area tertutupi oleh nakajikake.

Tidak ada komentar:

Archive