APA ITU BITCOIN?

Menurut blog.bitcoin.co.id "Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital." Saat ini Bitcoin sudah dapat digunakan untuk membeli barang/jasa pada beberapa toko online sebagaimana uang biasa. Lambang mata uang bitcoin ini adalah ฿.

Bitcoin Rate

Ini Langkah Dapat Bitcoin Dengan Cara Lain

Search inside

Januari 19, 2010

Partikel Cahaya

Ini renungan saya sewaktu melihat bintang yang gemerlapan di langit malam.
Renungan itu saya kaitkan dengan pelajaran SMA dulu bahwa katanya cahaya adalah partikel juga yang berjalan menempuh jarak dan waktu tertentu sehingga dia punya kecepatan. v=s/t. Kalo gak salah standarnya 3 x 10pangkat8 meter per detik.

Jadi (tolong dibetulkan kalo salah) partikel cahaya yang dilepaskan oleh suatu bintang akan sampai ke retina mata kita setelah sekian waktu. Mengingat jauhnya, mungkin partikel cahaya yang kita terima itu bisa jadi partikel cahaya yang dilapaskan bintang dimaksud 1 detik yang lalu, 1 menit yang lalu, 1 jam yang lalu, atau 1 minggu yang lalu, dan seterusnya.

Apakah ini juga berarti bahwa bisa saja suatu bintang sudah hancur (hilang) pada saat partikel cahayanya sampai kemata kita. Artinya kita melihat seolah-olah bintang itu ada tetapi saat itu dia sebenarnya sudah hancur.

Asumsi saya jika kiamat alam semesta dimulai dari pinggir alam semesta (anggaplah kita di tengah-tengah alam semesta) berarti bisa jadi kita saat ini merasa fine-fine aja padahal bintang-bintang nun jauh di sana sudah pada hancur. Hanya partikel cahayanya yang baru sampai ke retina kita dan membuat kita seolah-olah fine-fine saja.

OK, Sekian dulu...

1 komentar:

denny eken mengatakan...

Finally, there is a confirmation for my writing from the competent source. Check this out, http://blogs.nationalgeographic.com/blogs/news/breakingorbit/2010/11/a-brief-history-of-light-years.html

Archive